+6221–3503142 secretariat@cisfed.org

ISLAM FINANCE QUALIFICATION (IFQ)

 

Deskripsi Pelatihan IFQ

Islamic Finance Qualification (IFQ) adalah program kualifikasi keuangan Islam global dengan menggunakan perspektif teknis dan Syariah, yang memberikan “international benchmark” pertama di dunia dalam bidang keuangan Islam.

Program ini memberikan para calon peserta pemahaman lebih dalam tentang pengaruh Syariah dalam konteks dunia usaha serta mempersiapkan para calon lulusannya agar dapat menjalankan posisi kunci dalam industri keuangan Islam dan takaful (asuransi Islam).

Program kualifikasi ini tepat bagi para profesional dan karyawan baru maupun bagi mereka yang ingin meningkatkan karir di bidang keuangan Syariah. Sejak program ini diluncurkan, pelaksanaan ujian telah diselenggarakan di lebih dari 40 negara. IFQ merupakan kerjasama yang di-gagas oleh the Chartered Institute for Securities & Investment (CISI), Inggris. Kualifikasi Islamic finance ini di-akreditasi oleh Ofqual, regulator pendidikan pemerintah Inggris.

Program IFQ kini hadir di Indonesia

IFQ di dalam negeri yang telah memperoleh predikat “Accredited Training Provider” (ATP) dari CISI untuk pengembangan IFQ di Indonesia hanya Alwyni International Capital (AIC).

Keberhasilan peserta lulus dari program IFQ yang berstandar internasional ini, secara otomatis akan menjadikan peserta sebagai “Associate Member” dari CISI, yang selanjutnya akan membuka akses komprehensif di bidang keuangan dan investasi global melalui mekanisme “Continuing Professional Development” yang dikembangkan oleh CISI.

Manfaat Mengikuti Pelathan IFQ

  • Instruktur berpengalaman di-bidang perbankan dan dunia keuangan Islam baik secara nasional maupun internasional yang diseleksi langsung oleh CISI;
  • Program ini diakreditasi langsung oleh Ofqual, regulator pendidikan di Inggris;
  • Para peserta memperoleh pengetahuan dan wawasan baru yang lebih mendalam tentang perkembangan industri keuangan Syariah global;
  • Peserta secara otomatis terdaftar sebagai “student” dari CISI dengan dukungan fasilitas “e-learning” yang komprehensif selama masa belajar;
  • Peserta yang telah lulus ujian IFQ akan menjadi “Associate Member” dari CISI dan berhak menyandang gelar profesional ‘ACSI’, bagian dari “CISI global community”;
  • Peserta yang lulus ujian IFQ memperoleh Jurnal bulanan secara gratis dari CISI serta berbagai akses “on-line” dalam rangka “continuing professional development” dan pengembangan jaringan profesi secara internasional ;
  • Kesempatan untuk meningkatkan kapasitas profesional individu atau perusahaan secara berkelanjutan baik dalam bidang keuangan Syariah maupun perbankan dan investasi umum secara global, dalam bentuk “regular workshop” dan diskusi terbatas; dalam rangka meningkat-kan “human capital competitiveness” menghadapi “ASEAN Economic Community 2015”.

 

Tentang CISI

The Chartered Institute for Securities & Investment (CISI) adalah lembaga yang diakreditasi Otoritas Jasa Keuangan Inggris. CISI merupakan lembaga profesional terbesar dan sangat dihormati secara luas oleh industri jasa keuangan dan investasi di Inggris dan juga di pusat-pusat keuangan yang berkembang di seluruh dunia. Dibentuk tahun 1992 oleh para praktisi Bursa Saham London, saat ini CISI telah memiliki lebih dari 40.000 anggota di 89 negara. CISI juga diakui sebagai “Awarding Body” oleh “the Office of Qualification and Examinations Regulation”, regulator pendidikan diInggris.

Tentang Alwyni International Capital (AIC)

AIC adalah perusahaan konsultan keuangan & butik “investment banking” yang berpusat di Jakarta dengan fokus pada pembiayaan dan transaksi Permodalan sesuai aturan Shariah. Salah satu aktifitas utama AIC adalah pengembangan manusia yang terkait dengan keuangan Islam.

Tentang Instruktur

Farouk Abdullah Alwyni, SE, MA, MBA, ACSI merupakan Instruktur utama dalam kursus IFQ ini. Farouk berpengalaman selama 14 tahun sebagai praktisi Keuangan Islam. Selama menjalani karirnya dalam bidang Keuangan Islam di Islamic Development Bank yang berkantor pusat di Jeddah, Farouk berpengalaman menangani ratusan juta US$ transaksi keuangaann IDB dalam wilayah operasi meliputi Asia dan negara-negara CIS termasuk Bangladesh, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Maldives dan Tajikistan. Sebelum mendirikan PT. Alwyni International Capital (AIC) di tahun 2012, selama tahun 2007 – 2009 Farouk menjabat sebagai direksi di PT. Al-Ijarah Indonesia Finance (ALIF) perusahaan pembiayaan Islam pertama di Indonesia, dan di PT. Bank Muamalat Indonesia (BMI) pada tahun 2009 – 2011 dimana Ia memprakarsai sekaligus melaksanakan berbagai macam inisiatif baru.

Farouk memperoleh gelar sarjana Strata 1 dalam bidang Manajemen Perbankan dan Keuangan dari Perbanas Institute (sebelumnya disebut STIE Perbanas), MA bidang “Economics” dari “New York University”, dan MBA dalam bidang “International Banking & Finance” dari “the University of Birmingham”, Inggris. Farouk juga telah memperoleh Diploma dalam bidang “Islamic Finance” dari “Chartered Institute of Management Accountant (CIMA), London, UK” dan “Islamic Finance Qualification” dari “Chartered Institute for Securities & Investment (CISI), London, UK”.

Farouk aktif sebagai pembicara tentang Keuangan Syariah pada berbagai forum dan menulis pada berbagai media lokal maupun internasional. Ia merupakan salah satu koresponden untuk “Islamic Finance News”, sebuah publikasi Keuangan Islam dunia yang berpusat di Kuala Lumpur. Sejak bulan September 2012, Farouk juga mengajar beberapa mata kuliah terkait manajemenperbankan dan perbankan Syariah pada Program Kelas Internasional dan Pasca Sarjana di Perbanas Institute.

Selain instruktur utama, manakala diperlukan, kursus IFQ ini juga akan menghadirkan instruktur tamu yang berpengalaman dalam bidang keuangan Islam baik nasional maupun internasional.

Jadwal Materi

Sesi -1: The Basis of Islamic Banking & Finance

Sesi -2: An Introduction to Islamic Banking & Finance

Sesi -3: Islamic Law of Contracts

Sesi -4: Financial Techniques Applied by Islamic Banks

Sesi -5: Islamic Asset and Fund Management

Sesi -6: Sukuk Market

Sesi -7 : Islamic Insurance – Takaful

Sesi -8 : Financial Statements for Islamic Banks

Sesi -9 : Islamic Corporate Governance

Target Peserta IFQ Review

  • Para praktisi dan akademisi di bidang keuangan syariah
  • Para praktisi dan akademisi di bidang keuangan dan investasi umumnya
  • Mahasiswa atau masyarakat umum yang tertarik untuk mendalami keuangan syariah

Format Penyelenggaraan Kursus

Materi kursus akan disampaikan melalui perkuliahan, contoh-contoh, latihan soal dan diskusi. Peserta kursus akan diberikan buku panduan dari kurikulum IFQ dan fasilitas “e-learning”. Disamping menghadiri kursus, diperlukan belajar mandiri antara 80 hingga 100 jam agar peserta dapat lulus ujian IFQ.

Tanya – Jawab tentang Ujian IFQ

T : Kapan Saya dapat mengikuti ujian IFQ?
J : Ujian dapat diambil kapan-pun Anda siap mengikutinya, tetapi disarankan ujian dilaksanakan dalam waktu antara satu dan dua bulan setelah Anda selesai mengikuti kursus.

T : Dimana Saya mengikuti ujian IFQ?
J : Ujian dapat dilaksanakan di mana saja sesuai kesepakatan

T : Ada berapa banyak pertanyaan dalam ujian IFQ?
J: 100 pertanyaan.

T : Bagaimana struktur ujian IFQ?
J : Ujian IFQ berlangsung selama dua jam, 100 soal pertanyaan dengan pilihan ganda. Peserta ujian melalui CBT diminta menjawab lebih dari 10 % soal
tambahan yang tidak teridentifikasi secara terpisah dan tidak mempengaruhi hasil test. Para peserta akan diberikan tambahan waktu yang proporsional untuk menyelesaikan tes tersebut.

T : Apakah syarat kelulusan untuk ujian IFQ?
J : 70% jawaban benar.

T : Apa yang saya terima setelah lulus ujian?
J: Para peserta yang berhasil lulus akan memperoleh sertifikat berkualifiaksi global dari CISI dan ESA. Di-samping itu, peserta yang lulus tes otomatis akan
menjadi “Associate Member” dari CISI dengan segala macam manfaat professional dan pribadi. Sebelum mengikuti tes IFQ, dan sebagai bentuk penghargaan
bagi para peserta, LPPI dan AIC akan memberikan Sertifikat Kepesertaan kepada seluruh peserta kursus.

Bagi yang berminat mengikuti PELATIHAN IFQ bisa menghubungi :

Sdr Muhammad Syarifudin +62857-8089-9080

 

 

Komentar Anda

Share This