+6221–3503142 secretariat@cisfed.org

Farouk Abdullah Alwyni, MA, MBA, ACSI Ketua Dewan Pembina

Farouk Abdullah Alwyni adalah Ketua Dewan Pembina dan salah satu Pendiri CISFED. Dia juga merupakan seorang Praktisi Keuangan Islam sekaligus seorang Dosen. Dia banyak menghabiskan karir keuangan Islamnya di Kantor Pusat Islamic Development Bank (IDB) yang bermarkas di Jeddah dan berpengalaman  menangani ratusan juta dolar Amerika dari transaksi pembiayaan perdagangan. Pengelolaan pembiayaan perdagangan di IDB tersebut meliputi beberapa Negara Asia dan Negara CIS seperti Bangladesh, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Maldives dam Tajikistan.

Sebelum dia menjalankan PT. Alwyni International Capital (AIC) di tahun 2012, Farouk adalah Direksi  PT Al-Ijarah Indonesia Finance (ALIF), sebuah perusahaan leasing Islam pertama di Indonesia (sebuah ‘joint-venture’ antara Bank Muamalat Indonesia dan dua Institusi Keuangan Islam dari Kuwait), pada tahun 2007-2009. Lalu sebagai Direksi di PT Bank Muamalat Indonesia tahun 2009-2011, disini dia banyak berinisiasi dan mengimplementasikan beberapa inisiatif baru selama memegang amanah tersebut.

Farouk mendapat gelar SE dalam bidang Manajemen Keuangan dan Perbankan dari  PERBANAS Insitute (Indonesia). Gelar MA bidang Ekonomi dari New York University (Amerika Serikat), dan gelar MBA bidang Perbankan Internasional dan Keuangan dari Universitas Birmingham (Inggris). Dia juga mendapat gelar Diploma dalam Keuangan Islam dari Chartered Institute for Management Accountant (CIMA), London, UK dan Kualifikasi Keuangan Islam dari Chartered Institute for Securities & Investment (CISI), London, UK.

Farouk banyak menjadi pembicara dan menulis tentang Keuangan Islam baik di forum lokal maupun Internasional. Dia juga adalah pengajar di Perbanas Institute dan MM FEB UI, dan sebelum-nya juga mengajar di FE YARSI dan Universitas Az-Zahra. Mata kuliah yang di ajar-nya di antara-nya  terkait Keuangan Islam, Lembaga Keuangan dan Ekonomi Pembangunan. Farouk juga banyak menulis untuk Islamic Finance News, sebuah publikasi Keuangan Islam Global berbasis di Kuala Lumpur.

 

Komentar Anda

Share This